Wednesday, July 18, 2012

My Promise, My Story


Sekarang jam 9:47 malam. Gue baru aja selesai baca I FOR YOU karya Orizuka. I really like that story, though pada awalnya cerita itu aga sedikit boring. Tapi gatau kenapa gue pengen terus baca. Gue terhenyak saat salah satu toko disitu,Surya. Ia hidup dari keliarga bercukupan, ia selalu pengen mobil sebagai hadiah ulang tahun ke 17-nya, orang tuanya menyanggupi asal dia harus rajin belajar, tapi Surya pikir kalau pun toh dia ga rajin belajar pasti orang tuanya tetap beliin mobil, sayangnya orang tuanya meninggal dalam kecelakaan, dari saat itu Surya nyesel banget, makanya dia berusaha belajar terus menerus. Jujur gue takut banget pas baca bagian itu, akhir-akhir ini gue selalu ngerasa amales kalau belajar, gatau kenapa. Ada titik jenuh aja, beda. Ini beda sma titik jenuh yang sekedar jenuh dengan belajar seperti biasanya, gue jenuh……sama hidup ini. Tapi, gara- gara cerita Surya gue bangkit, awalnya begitu baca bagian itu gue teringat sama diri gue sendiri yang belum genap 17, gue selalu ngerengek minta motor ama ortu gue buat kesekolah, meski gue tau itu gakan mungkin, karena, nyokap gakan pernah ngebolehin gue bawa motor, banyak alasannya, mulai dari gue ceroboh, mata minus dan lain-lain. Adakalanya gue menerima itu. Setiap saat gue coba untuk menerima itu  gue ngerasa ada sedikit bebam yang hilang, lega aja gitu. Dengan gak memaksakan apa yang kita inginkan secara berlebihan gue merasa lega. Tapi kadang disaat gue jenuh sama rutinitas gue, sekolah jauh dari rumah, harus naik kendaraan umum, sekaligus ngurusin online shop bikin gue balik ek satu titik itu lagi, permintaan itu. Gara-gara  cerita Surya gue sadar, Surya menyesali semuanya setelah ortu-nya nggak ada. Dia baru mulai belajar sekeras mungkin, tapi gue ga mau kaya Surya. Gue emang bukan anak yang bisa cerita secara ekspresif dan cerita segalanya ke orang tua gue, tapi gue takut banget kehilanga mereka. Gue gamau, belum siap. Makanya gue janji gue akan lebih rajin belajar. Suoaya ortu gue bangga, supaya gue gakan nyesel kaya Surya. Gue janji bakal ngurangin nonton dvd, baca novel, dan juga online shop. Gue akan focus, gue akan berhenti dagang sehabis lebaran. Gue gamau bohongin ortu gue lagi, it’s enough. It’s not fair for them, My parents gave me everything to support me to reach my dream, they worked really hard, especially My Dad, just for me. But how about me? Gue terlena di kehidupan kelas 11 gue. Gue terlena dengan bisnis. I wasted my time that I should to use it just for studying to reach my dream, to be my parents proud of. Thanks to Kak Orizuka yang bikin cerita bisa bikin gue tersadar, semoga tuliusan yang gue tulis ini ga cuman jadi posting belaka yang ngiasin blog gue, tapi juga jadi saksi bisu, kalau gue udah berjanji. Bismillahirrahmanirrahim, Allah pasti bimbing gue. Amin.

Eh ya pengen cerita juga, kemarin Selasa 17 Juli 2012, gue pulang les GO. Di GO gue masuk kelas silver yang letaknya di GO Gatsu, sebagian temen yang deket sama gue masuk kelas regular di GO Merdeka. Keputusan masuk kelas silver adalah dari papah, dia pengen gue lebih fokus, makanya dia memfasilitasi gue dengan itu, tapi gue belum bisa kasih apa-apa untuk dia. Liat? Betapa papah gue sangat berkorban demi gue, gue berusaha gakan ngecewain mereka. Kemaren di tempat les rasanya aneh, mungkin karena sepanjang kelas geu serius, kaca mata gue aja dipake terus, biasanya kan buka copot, terus lagi gue ga buka hp loh! Gue jadi bener-bener ngerti, dan akan terus berusaha untuk tetep ngerti. Pas pulang geu negrasa sepiiiii banget, dulu kelas sebelas gue sering pulang bareng Vita, meski dia juga sering gamasuk les dan gue udah terbiasa pulang sendiri rasanya beda aja. Agak sedih gitu, mellow banget gue, gue nyebrang sendiri. Gue emang udah terbiasa nyebramng jalan sendiri, meski serem karena menurut gue kalau nyebrang pake tangga penyebrangan lebih serem! Hehe. Klo di GO Gatsu suka ada si pak satpam yang suka bantuin nyebrang kalo malem, meski hobi ledekin gue. Di GO Merdeka ngga, ngga terlalu jadi masalah karena gue kan bisa, gue harus bisa. Harus bisa ngelakuin segala sesuatu itu udah jadi doktrin untuk gue dari diri gue sendiri semenjak pindah ke Bandung. Pas nyebrang jalan Gatsu kemaren rasanya semua motor ngebuuuut banget, kaya mau pada nabrak gue, tapi begitu deket gue langsung balik arah. Gue berdiridi depan SMP 6, gue inget gue naro iPod gue di tempat pensil. Gue liat saku gue juga ngga ada uang ongkos. Gue mutusin untuk duduk di halte. Ada seorang cewek, dan bapak-bapak, gue duduk di tengah, ngeluarin iPod dan uang receh untuk pulang. Gue nengok ke kiri gue, di luar halte ada seorang bapak yangrambutnya dikepang di belakang, terus gue kepo hehe, gue denger dia bilang “Udah neng jangan nangis yah, gapapa da gapapa” kata si bapak dengan suara sangat khas Sunda, sambil badannya gak sedikit membungkuk, kea rah pot dari tembok persis sebelah pintu gerbang SMP 6 dan halte. Selesai ngeluarin iPod dari tempat pensil geu taro iPod diabgian tas terkuar biar gampang diambil pas mau make nanti. Gue memilih keluar halte ke tempat geu berdiri tadi, geu ngeliat anak kecil lagi nangis dia pake seragam olahraga. Oh ternyata ini anak yang ditanya sama si bapak-ba[pak tadi yang ternyata tukang Baso Tahu depan SMPN 6. Gue tanya Kenapa? Dia malah jawab sambil nangis, dan dasarnya gue budge gue gak dneegr, tolol gak sih gue, haha. Setelah gue beraniin nanya lagi, ternyata dia nunggu mamahnya yang lagi pergi Ke Bandung. Dia siswa baru SMPN6, mamahnya bilang hari ini bakal jemput. Tapi udah 1 setengah jam mamahnya belum dateng. Pas denger itu gue aksian sama dia, pasti gak enak nunggu sendirian, karena gue sendiri sering menunggu,dan gue ga suka. Gue paling gak suka menunggu, makanya gue berusaha selalu tepatwaktu meski terkadang ngaret. Gue bilang, udah jangan nangis yaah, aku temenin deh. Seenggaknya dia gak ngerasa sendirian banget gitu di tengah ramainya jalan Gatsu, maghrib itu. Sepuluh menit berlalu, gue baru sadar, gue belum nanya namanya! Akhirnya gue nanya, dia jawab masih sambil nangis loh! Padahal aku udah nungguin dia lumayan lama, namanya Laras. Ternyata dia tinggal di Nusa Hijau. Tapi dia nggak tahu rute angkotnya, geu yang sangat jelek mengingat rute angkot(apa gue disoriented???) kalau gasalah Nusa Hijau itu daerah atas, jadi pake Angkot Pasar Atas aja sekali yang warna hijau. Langsung bisa turun depan komplek Nusa Hijau. Terus gue tanya dia mau tetep nunggu mamahnya atau pulang naik angkot, tapi kalau naik angkot jalannya bakal muter jauh, gue malah takut anak itu panic dijalan gara-gara angkotnya muter dulu, jauh lagi. Si anak itu  mulai berhenti nangis, tapi malah geu yang pengen nangis. Udah 2 tahun lebih gue belajar ngelewatin struggle ini. Meski belum genap 17 tahun, gue mulai ngerasa gue harus udah bersikap seperti anak 17 tahun. Tapi gue gabisa nahan airmata gue kemarin, utnung gue pake kacamata,seenggaknya ketutupan. Ngeliat anak itu gue inget saat gue harus nunggu angkot pulang ke rumah, yang gak lewat-lewat saat dulu gue masih di GO Gatsu, sendirian ngga ada vita. Pertama kalinya aku pulang malem sendirian, naik angkot di Kota yang baru aja aku 2 tahun tinggal. Buatku, dulu itu sempet susah, terbiasa diantar, ga terbiasa naik angkot. Mau nangis, tapi malu. Pas ngeliat anak itu gue jadi kasihan sama gue sendiri, anak itu nangis tapi yang ditungunya adala orang yang pasti mamahnya. Gue? Yang gue tunggu gapasti tukang angkot mana yang akan lewat. Mana dingin banget lagi kalau malem di Cimah, hampir sebelas tahun lebih gue  terbiasa tinggal dikota yang panas banget. Kasihan kan gue? Tapi gue gamau air mat ague sampe ngalir, gengsi! Nak itu aja udah berhenti nangis meski sesenggukan dikit. Gue tanya punya kaka? Dia jawab iya. Kelas berapa? Dia bilang kelas 1, pasti kelas 1 SMA kan? secara dia kelas 1 SMP. Kakanya sekolah dimana? Di SMAN 2. Terus gue semanget gitu, “Oh hehehehe, aku Muthia dari SMAN 2 juga. kelas 12 IPA 3” gue yakin itu anak gapeduli deh hehe, tapi gue semangat jelasinnya, daripada gue  malah nangis. “Nama kakaknya siapa?” si Laras pun nyebutin nama kakaknya. Gue tanya kelasnya, dia ngga tahu. Gue tanya kenapa ngga minta kakanya jemput? Kalau kakanya dirumah. Dia bilang kakanya gabisa jemput, gue lupa alesannya. Hening lagi, si adek gakan jawab pertanyaan klo gak gue tanya. Yowes. Gue ngelirik ke jam 18:50. Angkot rute rumah gue yang biasnaya mulai lelet lwat kalau udah malem begini, tiba-tiba lewta banyak. Gue mulai dilemamau nonggalin anak itu apa ngga, tapi gue ga tega, gue pikir kalau gue di posisi itu gimana? Kalau adek gue yang di posisi itu, sedangkan gue di Bandung gakan mungkin bisa langsung nolongin adek gue. Beberapa orang yang duduk di halte mulai pada naik angkot, bahkan angkot dengan rute rumah gue, salah staunya temen sekelas gue di GO yang gue gatau namanya, yang baru aja nyebrang dari GO terus langsung naik angkot rute gue. Gue yakinin gue untuk tetep nemenin si adek itu. Halte sepi, hanya ada seornag ibu-ibu. Gue ngajak adek itu duduk di halte, biar gue juga bisa duduk, karena selam nungguin dia gue berdiri, dia duduk di pot. Dia gamau yaudah deh gapapa, gue juga ga maksa gue yakin klo gue diposisi dia gue ga akan begitu mudah percaya sama orang yang rela nemenin gue. Meski selama gue nunggu sendirian ya udah geu nunggu sendirian hehehehe. Tepat pukul 18:59 gue lirik jam. Masih belum lewat mamahnya, sekitar beberapa menit berlalu. Si adek tiba-tiba berdiri, sambil suara sangat pelan dia bilang “Udah dijemput” gue lega, dan bisa-bisanya geu malah bilang “Oh DADAAAH” Motor mio itu berisi dua penumpang. Seorang bapak didepan dan ibu dibelakanga yang membawa beberapa bungkusan, rambutnya bergelombang kaya rambut mamah tapi ibu ini rambutnya lebih panjang. Dia bilang makasih berkali-kali sama gue, gue bilang sama-sama sambil nyengir kuda. Si ade tadi berjalan ke motor dia duduk didepan ayahnya. Gue liat tatapan ayahnya, bener-bener ngga enak. Gatau kenapa, ayahnya dua kali ngelirik gue dengan tatapan tajam. Bingung, gue kembali nyengir kuda, akhirnya motor pun melaju. Gue terpaku, kan sedih lagi jadi gue yang sepi sekrang, dan angkot gue pun gak lewat-lewat. Seorang ibu yang tadi duduk di halte berdiri, dia nanya gue. “Mau naik bis kota neng?” “Ngga bu, naik angkot batujajar” “Oh batujajar mah udah banyak yang lewat barusan” “Iya bu tadi…” “Nunggu anak yangtadi yah?” “Iya bu hehe” [nyengir kuda lagi] ga berapa lama bis kota lewat si ibu ngelambai-lambai-in tangannyam tapi bisnhya nyelonong, gue refleks teriak, bis-nya ngga berenti, si ibu bilang dia milih untuk naik angkot padalarang aja. Ga berpa alam angkot  padalarang lewat. Gue nunggu lagi. Sepuluh menit kemudian angkto batujajar lewat. Gue naik, kepala gue kejedot atap angkot. D’OH! Kenapa sih muth! Terus angkotnya hanya ada satu teteh teteh gitu, dia nangis. Dia ga berapa lama turun dari angkot, dan gue. Mulai pasang iPod, menikmati perjalanan pulang, mencoba menikmatinya  tepatnya!




semoga janji gue bukan janji palsu.
LOVE!


Cita.



PS: IT'S 11:08 PM!!!

No comments:

Post a Comment